Mengumpulkan Modal Usaha dari Uang Bulanan

Mahasiswa saat ini dituntut untuk bisa berwirausaha sejak dini, sehingga ketika lulus tidak bingung kesana kemari mencari kerja. Berwirausaha tentunya membutuhkan modal awal. Secara umum, modal dapat kita hasilkan dari uang sendiri, pinjaman, atau bekerjasama dengan pihak lain. Bagi mahasiswa yang hidupnya bergantung dari kiriman orang tua, agak sulit mengharapkan pinjaman dari orang apalagi bank. Salah satu yang dapat kita manfaatkan adalah uang bulanan kita.

Mahasiswa umumnya mendapat jatah bulanan dari orang tua dalam jumlah bervariasi tergangtung kondisi perekonomian keluarga. Tapi biasanya jumlah itu “cukup” untuk satu bulan. Definisi “cukup” inilah yang ingin kita turunkan standarnya dengan mengurangi atau bahkan menghilangkan beberapa keperluan yang dirasa tidak terlalu penting. Ada banyak cara untuk menghemat uang bulanan kita,berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi kebutuhan bulanan.

  •  Memasak sendiri

memasak

Salah satu pengeluaran yang cukup besar dari kebutuhan bulanan mahasiswa adalah biaya makan, apalagi untuk mahasiswa di kota besar. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan memasak makan sendiri. Beberapa tempat kost menyediakan fasilitas dapur umum, atau kalau kost tidak memiliki dapur umum, kita dapat menggunakan rice cooker untuk menanak nasi dan lauknya dapat kita rebus dalam rice cooker tersebut. Untuk pilihan lauk kita bisa memilih lauk yang sehat dan cukup murah seperti telur, dan aneka macam sayuran. Biar lebih hemat, sebaiknya masak makan dengan cara direbus, selain sehat, juga mengurangi kebutuhan minyak goreng.

  • Jalan kaki ke kampus

3044226595

Untuk menghemat uang transport, kita dapat berjalan kaki dari kost ke kampus. Jalan kaki tentunya sehat bagi tubuh, dan melatih kita dalam manajemen waktu. Untuk kost yang jaraknya cukup jauh, kita harus mengalokasikan waktu yang cukup untuk memperkirakan lama perjalanan dan pastikan membawa bekal minum yang cukup.

  • Kurangi jajan

kantin-fisip_20181016_195954

Jajan biasanya untuk keperluan yang tidak terlalu penting, seperti snack, minuman dan lain lain. Jadi sebenarnya tidak susah untuk melakukan hal ini, satu satunya penghalang adalah diri kita sendiri. Untuk makan siang, biasanya mahasiswa jajan di kantin kampus, hal itu bisa diganti dengan membawa bekal dari rumah.

  • Kurangi kosmetik

kosmetik_20150903_115637

Trik kali ini perlu diperhatikan bagi kaum hawa. Kosmetik bisa dikatakan kebutuhan wajib bagi mahasiswi. Berbagai macam kosmetik tersedia dengan harga bervariasi. Mengurangi penggunaan kosmetik pada dasarnya tidak mempengaruhi kualitas kita sebagai seorang mahasiswa maupun kualitas kita sebagai manusia. Jadi jangan takut mengurangi penggunaan kosmetik dan lebih fokus meningkatkan kualitas inner beauty kita

  • Minimalisir penggunaan pulsa

512PMxM0D4L

Dengan meluasnya penggunaan media sosial,kebutuhan “paketan data” tidak dapat dihindarkan. Disatu sisi teknologi internet mengurangi biaya komunikasi. Kalau dulu kita harus menggunakan SMS dan telepon, sekarang kita bisa melakukan pengiriman pesan teks, panggilan suara maupun panggilan video dengan aplikasi perpesanan dengan tarif yang murah, karena dihitung berdasakan besar data yang dikirim. Namun media sosial ibarat  candu yang bisa memabukkan kita, bila tidak terkontrol, ratusan ribu bisa habis dalam sebulan untuk membayar tagihan data kita. Jadi penggunaan internet perlu kita kontrol dengan seksama. Beberapa cara dapat kita gunakan untuk menghemat penggunaan pulsa kita, yaitu

  1. Menggunakan internet gratis yang biasanya disediakan kampus, atau pemerintah
  2. Gunakan provider yang menyediakan layanan gratis untuk aplikasi perpesanan
  3. Hidupkan akses  ke jaringan internet jika diperlukan
  4. Batasi akses aplikasi ke jaringan internet

Demikian beberapa trik mengumpulkan modal dari uang bulanan kita, untuk belajar tips dan trik dalam pengelolaan keuangan dapat kunjungi halaman moneysmart.id

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s